Esai Beasiswa Unggulan Kemendikbud RI Lolos Tahap 1 Adiministrasi


Aku Generasi Unggul Kebanggan Bangsa Indonesia

         Hallo, sobat sebelumnya esai yang aku tambahkan disini adlah murni esaiku pada saat mendaftar beasiswa unggulan kemendikbud RI saat aku SMA kelas 12. Dan aku berhasil lolos pada tahap satu 1 yaitu seleksi administrasi se-indonesia, namun sayang aku tidak melanjutkan beasiswa ini pada tahap kedua yaitu verifikasi berkas yang bertempat di Denpasar, Bali. Karena saat itu saya sedang sakit. dengan sangat terpaksa dan begitu sedih saya harus merelakan beasiswa yang sudah aku daftar dengan penuh usaha dan keyakinan. Ya mau gimana nasib berkata lain. Tapi tentunya itu tidak boleh membuat kita putus asa. Semoga esai ini bisa bermanfaat bagi kalian para pejuang beasiswa!!!



Aku Generasi Unggul Kebanggan Bangsa Indonesia
Oleh: Ni Luh Rosita Dewi

Seperti yang sudah kita ketahui Pendidikan merupakan aset terbesar suatu Bangsa dan apalah artinya sebuah Bangsa bila tanpa Pendidikan. “Live as if you were die tomorrow and Learn as if you were to live forever” begitulah ungkapan kalimat yang tepat untuk mendefenisikan ilmu pengetahuan, bawah belajar tidak pernah memandang waktu dan usia. Pendidikan adalah bagian yang paling fundamental dalam membangun karakter bangsa, Pendidikan menghantarkan semua orang pada pemahaman pengetahuan dan kesadaran diri yang lebih baik. Karena tujuan dari Pendidikan itu sendiri adalah mengubah KEGELAPAN menjadi SEBUAH CAHAYA.
Namun melihat Pendidikan di Indonesia membuat saya sangat tersentuh untuk turut serta berkontribusi mencerdaskan anak bangsa. Melihat grafik kualitas Pendidikan Indonesia yang kian hari tidak menunjukan grafik yang signifikan dan bahkan selalu terjadi problem-problem dimasyarakat tiap tahunnya. “Mengubah Bangsa Dengan Pendidikan” adalah motivasi saya dalam berkontribusi dalam memajukan Pendidikan di Indonesia. Menyasar pada generasi muda saya mempunyai tugas besar sebagai calon guru dalam membangun serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui Pendidikan.
Kisruh dunia Pendidikan seolah tidak pernah padam baik dari segi sistem maupun kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah, tidak meratanya kualitas Pendidikan,serta mahalnya biaya Pendidikan seolah menurunkan semangat juang para generasi muda untuk mendapatkan Pendidikan yang layak. Seperti terdapatnya pembayaran SPI dibeberapa Universitas ditanah air yang membuat para siswa lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan kejuruan (SMK) mengurungkan niatnya untuk melanjutkan pendidikannya ke tingkat universitas.
Namun sebagai generasi muda yang cerdas kita tidak selayaknya menyerah dengan mudah. Percaya dan yakin dengan kempuan diri serta memiliki semangat tinggi adalah kunci untuk membuka jalan kehidupan yang lebih baik. Cerdas melihat peluang yang ada adalah salah satu solusi alternative bagi kita para calon mahasiswa untuk dapat berkesempatan mengenyam bangku perkuliahan dengan mulai memanfaatkan biasiswa-biasiswa yang telah dicanangkan oleh pemerintah maupun pihak swasta yang memperhatikan pendidikan.
Sebagai seorang calon Akademisi saya berpendapat bahwa generasi muda harus sebegera berubah dan berbenah menuju ke hal yang positif,  cerdas dalam melihat peluang merupakan jalan tunggal untuk dapat memperoleh Pendidikan yang tidak membebankan orang tua dari segi material dan finansial.
“Beri Aku 10 Pemuda (Mahasiswa) Maka Akan Kuguncang Dunia”. Begitulah ungkapan founding father kita mengingat betapa pentingnya peran pemuda yang dalam hal ini mahasiswa untuk dapat mengubah dunia. Memiliki kesadaraan untuk berubah serta segera bergerak dalam mewujudkannya merupakan hal yang sudah semestinya dilakukan. Jangan selalu menyalahkan orang lain mengenai rendahnya kualitas Pendidikan di Indonesia, tetapi apakah kita sudah pernah bertanya pada diri sendiri apakah kita sudah melakukan hal terbaik sebagai seorang siswa ataupun mahasiswa? Menjadi siswa ataupun mahasiswa bukan hanya sekedar formalitas atau ajang pencarian gelar saja, lebih luas dari itu kita sebenarnya sedang mengemban tugas besar mengingat apa yang kita lakukan hari ini akan menentukan bagaiman nasib Bangsa Indonesia kedepannya.
Sebuah bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya. Tidak terkecuali pahlawan Pendidikan yang perjuangannya telah menghantarkan kita sampai sekarang ini hingga kita dapat mengenyam Pendidikan. Lalu apakah kita tidak malu walau kita hanya berjuang untuk diri kita sendiri kita kadang sering mengeluh dan bahkan ingin menyerah. Saya berpandangan bahwa tidak ada yang kekal didunia ini selain pengetahuan, hanya orang dengan pengetahuan yang besar yang akan dikenang sepanjang masa. Oleh karena itu esai ini disusun untuk menggugah generasi muda untuk bangkit dan tidak menyerah pada Pendidikan terlepas dari biaya Pendidikan yang mahal namun jika kita mau berusaha pasti akan ada jalan. Saya calon mahasiswa baru jurusan Ilmu Pemerintahan berkomitmen pada diri saya sendiri bahwa apabila saya lolos pengajuan biasiswa ini maka saya akan bersyukur karena tidak harus membebani orang tua saya serta, saya bekomitmen akan menggetok tularkan apapun yang saya dapatkan untuk terus menggugah generasi muda agar tidak mudah menyerah dan putus asa dalam menghujudkan cita-cita yang setinggi langit.
Sekali lagi hanya Pendidikanlah pelita bagi bangsanya. Tanpa Pendidikan sebuah bangsa akan mati dan tanpa Pendidikan dunia akan lumpuh. Dan sebagai generasi penerus bangsa livelong learning Adalah sebuah kunci yang nantinya akan menghantarkan bangsa Indonesia pada kemajuan yang terstruktur. Dan hanya Pendidikan sajalah yang dapat mengubah mindset dan pola pikir generasi bangsa sesuai dengan revolusi yang ingin kita hujudkan yaitu revolusi mental dan Pendidikan yang berkarakater. Dan sudah menjadi tugas kita sebagia siswa dan mahasiswa untuk selalu berusaha yang terbaik dan berhenti saling menyalahkan serta selalu berorintasi pada proses bukan pada hasil karena barang siapa yang berproses dengan baik maka tentunya hasil tidak akan pernah menghianati usahanya. Berbekal dengan pengalaman dan kepercayaan diri yang tinggi saya siap menjadi generasi unggul kebanggaan bangsa Indonesia. 



semoga membantu kalian dalam menulis esai beasiswa, jika bermanfaat silahkan like, coment, dan share ke temen-temen kalian ya...

Postingan populer dari blog ini

Indonesia Darurat Kesehatan Mental, Bullyingkah Penyebabnya?

Sosialisai Peraturan Perangkat Kewilayahan PDF

Nonton Film Sambil Belajar Politik, Designated Survivor: 60 Days Cocok Temani Aktivitasmu Selama Dirumah Aja

Art of Resistance: Seni Perlawan Anak Muda Era Revolusi Industri 4.0